Breaking News

Lomba Gelora Tingkatkan Literasi di Majalengka

Lomba Gelora Tingkatkan Literasi di Majalengka
Lomba Gelora Tingkatkan Literasi di Majalengka

Radio Limawaktu, Majalengka - Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka mengadakan lomba Gerakan Literasi Orang Majalengka (Gelora) di Aula Disdik Majalengka pada Rabu, 11 Juni 2024.

Inisiatif ini merupakan langkah inovatif dalam mendukung keberhasilan kurikulum merdeka belajar. Hasil akhir yang diharapkan dari program literasi ini adalah terciptanya siswa dengan profil pelajar Pancasila.

Plt. Kepala Disdik Majalengka, H. Umar Ma'ruf, menyatakan bahwa program ini bertujuan mencetak profil pelajar Pancasila melalui kurikulum merdeka belajar yang disiapkan untuk guru, tenaga pendidikan, dan siswa dari berbagai jenjang, mulai dari PAUD hingga SMP, sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah.

"Program Gelora ini bisa diterapkan tidak hanya di lingkungan pendidikan, tetapi juga meluas ke tingkat desa/kelurahan dan kecamatan dengan dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Hal ini penting untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang dinilai masih rendah," ungkapnya.

Salah satu indikator keberhasilan kurikulum merdeka belajar adalah melalui lomba Gelora yang diadakan Disdik Majalengka.

"Tidak hanya berfokus pada kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, tetapi juga pada karakter dan kreativitas siswa. Lomba ini memacu siswa untuk berkreasi, berinovasi, dan berekspresi," harap Umar.

"Perwakilan siswa SD dan SMP yang terpilih sebagai Duta Literasi Kecamatan akan bersaing di tingkat kabupaten. Lomba Gelora juga diharapkan menjadi motivasi bagi semua pihak untuk mensukseskan kurikulum merdeka belajar di Majalengka," pungkasnya.

Acara pembukaan ini turut dihadiri oleh PJ Bupati Majalengka, Dr. H. Dedi Supandi, yang memberikan dukungan penuh pada program tersebut. (WH)

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close